6 Kebiasaan Ini Sebabkan Rambut Rontok

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang. Maka dari itu, banyak orang yang melakukan perawatan agar keindahan rambutnya tetap terjaga. Namun, rambut rontok sering kali membuat kita kesal. Rambut rontok sering kali disebabkan karena stress yang tengah kita alami.

Akan tetapi, ternyata bukan hanya stres yang dapat sebabkan rambut rontok. Melainkan kebiasaan sehari-hari yang tidak kita duga ternyata juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Tidak ada salahnya kita untuk menghindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan rambut rontok seperti di bawah ini.



1. Melilitkan Handuk ke Kepala Setelah Keramas

Melilitkan handuk ke kepala setelah keramas menjadi kebiasaan pertama yang harus dihindari. Melililtkan handuk ke kepala yang basah akan membuat gesekan antara rambut dengan permukaan handuk, yang pada akhirnya akan membuat rambut mudah rontok. Jadi, sebaiknya biarkanlah rambut kering dengan sendirinya atau secara alami dan sisir rambut tersebut ketika sudah agak kering.

2. Penanganan Rambut Basah yang Tidak Tepat

Banyak wanita yang mengkhawatirkan kondisi rambut basah yang cenderung rapuh serta mudah rusak. Namun, banyak wanita yang melakukan kesalahan dalam penanganan rambut mereka ketika basah. Seharusnya, ketika rambut sedang dalam keadaan basah kita hanya perlu menyisirnya dengan menggunakan jari saja. Namun, kebanyakan wanita tidak mengetahui cara tersebut dan masih saja menyisir menggunakan sisir rapat ketika rambut mereka basah. Jika terpaksa menyisir dikala rambut basah, sebaiknya gunakanlah sisir yang lebar.

3. Menyikat rambut secara berlebihan

Menyisir rambut memang berfungsi untuk merapikan rambut. Namun, apabila melakukannya dalam intensitas tinggi makan akan menimbulkan efek negatif bagi rambut. Terlalu sering menyisir rambut dapat meyebabkan ujung rambut bercabang dan pada akhirnya akan membuat rambut rontok.

4. Hair Styling Berbahan Keras

Hair styling memang berfungsi untuk membuat rambut terlihat lebih rapi. Namun, usahakan untuk tidak menggunakan hair styling yang berbahan keras. Hal tersebut dikarenakan akan menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, jangan terlalu sering menggunakan hair styling jika rambut susah diatur walaupun rambut sudah dicuci.

5. Mandi dengan Air Panas

Ternyata kebiasaan mandi dengan air panas dapat menyebabkan turunnya produk minyak alami rambut serta membuat kulit dan pori-pori kepala menjadi kering. Hal tersebut akan berujung pada kerusakan akar rambut dan membuatnya menjadi kering dan rapuh. Pada akhirnya akan membuat rambut menjadi mudah patah dan rontok. Oleh sebab itu, usahakanlah untuk tidak terlalu sering menggunakan air panas ketika mandi. Jika terpaksa untuk menggunakan air panas, cukup di bagian badan saja, jangan mengguyur kepala dengan air panas tersebut.

6. Pola Diet yang Salah

Pola diet yang salah ternyata juga berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Hal tersebut dikarenakan pola diet yang salah akan membuat tubuh kekurangan nutrisi-nutrisi penting, salah satunya adalah protein. Kekurangan protein pada tubuh akan membuat tubuh mengambil protein yang ada pada rambut. Hal itu dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan tipis. Meskipun sedang melakukan program diet, sebaiknya anda tetapi menghitung serta memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan setiap harinya.

Setelah mengetahui kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat sebabkan rambut rontok ini diharapkan kita dan menjaga kesehatan rambut dengan cara menghindari kebiasaan buruk tersebut.

0 Response to "6 Kebiasaan Ini Sebabkan Rambut Rontok"

Post a Comment