Lakukan 6 Kebiasaan ini Untuk Cegah Kanker

Kanker menjadi momok bagi setiap orang, hal tersebut dikarenakan penyakit yang satu ini dapat membunuh siapa saja dalam waktu yang tidak diketahui. Salah satu penyebab utama terjangkit kanker adalah karena faktor gaya hidup. Dengan kata lain, apabila ingin terhindar dari penyakit mematikan ini maka ubahlah gaya hidup anda ke arah yang lebih baik.

Meskipun penyakit ini berbahaya, namun kita masih bisa melakukannya berbagai cara untuk mencegah kanker menggerogoti tubuh kita. Bahkan ada sebenarnya kebiasaan yang kita sepelekan, tapi ternyata bisa jadi kebiasaan tersebut dapat mencegah kanker.


World Cancer Fund memperkirakan ada sekitar 80.000 kasus kanker yang ditemukan pertahunnya di Inggris dapat dicegah dengan memperbaiki pola makan, menjaga berat badan ideal serta rutinitas olahraga. Mungkin anda masih bingung harus melakukan apa untuk mencegah penyakit yang satu ini. sebagai permulaan lakukanlah 6 kebiasaan ini untuk mencegah kanker.

1. Makan Banyak Buah dan Sayur 
Menurut World Cancer Research Fund, mengkonsumsi sayuran, buah, bulir utuh, kacang-kacangan dapat melindungi kita dari berbagai serangan kanker. Baik itu kanker mulut, perut maupun usus. Untuk itu, ubahlah pola makan anda dengan menambahkan sayuran serta buah-buah dalam menu makanan. Jangan terbiasa mengkonsumsi makanan instan, karena tidak baik untuk disebabkan. Hal tersebut karena makanan instan banyak mengandung gula dan garam berleebih.

Untuk anda yang sudah menyukai mengkonsumsi sayuran dalam menu, ada baiknya memilih sayuran dengan warna hijau gelap. Hal tersebut disebabkan karena dalam adanya kandungan klorofil yang memberi warna hijau gelap tersebut. Sayuran yang banyak mengandung klorofil juga mengandung magnesium. Zat inilah yang dipercaya dapat menurunkan resiko untuk terkena kanker usus.

Nasi merah dan roti gandum utuh juga dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. Sementara itu, usahakanlah untuk tidak mengolah brokoli dengan memasukkannya ke dalam microwave. Menurut sebuah penelitian asal Spanyol, brokoli akan kehilangan 97 persen kandungan flavonoid pelindung kankernya apabila diolah dengan menggunakan microwave.

2. Tertawa Setiap Hari
Ternyata tertawa mempunyai banyak manfaat. Aktivitas yang menyenangkan ini selain bisa membuat hati bahagia, ternyata juga berdampak baik pada kesehatan kita. Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menekan hormon stress, dan juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel T yang berfungsi dapat melawan kanker.

Untuk itu, cobalah meluangkan waktu setiap harinya untuk melakukan kegiatan yang dapat merangsang agar bisa tertawa. Hal itu bisa kita dapatkan dengan menonton film komedi, bermain dengan anak-anak, melihat foto-foto lucu dan unik. Jadi mulailah untuk membiasakan diri tertawa setiap harinya.

3. Jangan Duduk Terlalu Lama
Pekerjaan anda mengharuskan untuk duduk selama berjam-jam setiap harinya? Anda jarang bergerak atau olahraga? Wah, kebiasaan seperti ini sudah seharusnya anda ubah. Hal tersebut dikarenakan ketika kita duduk dalam jangka waktu yang lama makan resiko untuk terkena kanker khususnya kanker rahim, usus dan paru-patu akan meningkat 10 persen setiap kalinya. Penelitian tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Regensburg di Jerman.

Orang-orang yang aktif secara fisik sekalipun juga mempunyai resiko tinggi terkena kanker apabila tidak menggerakkan tubuh dalam jangka waktu lama. Ada baiknya apabila anda sering duduk berjam-jam setiap harinya, luangkanlah waktu untuk olahraga. Atau berilah jeda setiap beberapa menit sekali untuk berdiri dan melakukan olahraga ringan di tempat.

4. Olahraga yang Memacu Detak Jantung
Menurut Wolrd Cancer Research Fund,, berolahraga ringan selama 30 menit setiap harinya akan mengurangi resiko terkena kanker sebanyak 50 persen. Olahraga yang dimaksud bukan berarti harus olahraga berat atau menggunakan alat-alat yang mahal. Namun, jika anda tidak bisa melakukan olehraga, tenang saja masih ada banyak kegiatan yang dapat memacu detak jantung sebag

Beberapa contoh kegiatan yang bisa Anda lakukan sebagai ganti olahraga, antara lain pergi bekerja dnegan jalan kaki, berkebun, atau sekedar melakukan pekerjaan rumah. Ada bnayak aktivitas harian yang bisa anda lakukan sebagai ganti olahraga. Jadi, pilihlah salah satu kegiatan yang anda sukai yang terpenting adalah anda bisa memastikan bahwa detaj jantung bisa semakin cepat dan aliran darah akan lebih lancar.

5. Konsumsi Lebih Banyak Bawang Putih dan Kurangi Garam
Kebiasaan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker adalah perbanyak konsumsi bawang putih. Hal tersebut disebabkan karena bawang putih mengandung sulfur yang dapat merangsang pertahanan imun tubuh untuk melawan kanker. Penelitian menyebutkan bahwa bawang putih dapat menurunkan resiko terkena kanker khusus sebanyak 12 kali.

Biasakanlah untuk menambahkan lebih banyak bawang putih di dalam menu makanan anda serta kurangilah penggunaan garam. Mengkonsumsi garam harian sebaiknya harus kurang dari 6 gram. Oleh sebab itu, apabila anda mengkonsumsi makanan instan atau olahan selalu perhatikan komposisi garamnya.

6. Tidur dengan Lampu Dimatikan
Kebiasaan terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker adalah mematikan lampu ketika tidur. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa paparan sinar buatan (artifisial) berlebih di malam hari ternyata dapat meningkatkan resiko untuk terkena kanker.

Hal tersebut dikarenakan ketika tidur dengan lampu hidup akan meningkatkan kadar hormon stress kortisol yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Dengan tidur mematikan lampu dapat menjaga kadar hormon tidur malatonin tetap stabil. Sehingga hal tersebut dapat mencegah munculnya sejumlah penyakit kanker. Jika tidak bisa tidur dengan lampu yang mati maka alternatif yang bisa gunakan adalah coba untuk memakai penutup mata ketika sedang tidur di malam hari.

Itulah kebiasan-kebiasaan yang biasanya dianggap sepele namun ternyata mempunyai manfaat untuk mencegah kanker. Lakukanlah dengan baik kebiasaan-kebiasaan tersebut, agar resiko terkena penyakit kanker semakin sedikit. Semoga bermanfaat, salam sehat.

0 Response to "Lakukan 6 Kebiasaan ini Untuk Cegah Kanker"

Post a Comment