Enam Fakta Menangis yang Belum Diketahui

Menangis merupakan kegiatan seseorang mengeluarkan airmata dari matanya. Menangis dapat disebabkan karena banyak faktor, bisa karena musibah, kehilangan seseorang yang dikasihi, kehilangan benda, ataupun ketika bahagia.

Bahkan hal pertama yang dilakukan manusia setelah dilahirkan adalah menangis. Menangis dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan. Fit Sugar mengungapkan bahwa setidaknya ada 7 fakta mengenai menangis yang merupakan hasil dari berbagai penelitian. Berikut ini adalah ulasannya.


1. Menangis Dapat Kurangi Rasa Sedih dan Emosi

Menangis ternyata dapat mengurangi perasaan sedih dan emosi seseorang. Sebanyak 85% wanita dan 73% pria mengakui bahwa rasa marah dan kesedihan mereka akan berkurang setelah menangis.

2. Wanita Lebih Sering Menangis 

Wanita lebih sering menangis dibandingkan dengan pria. Rata-rata wanita menangis sebanyak 47 kali dalam satu tahun sedangkan pria menangis hanya 7 kali setahun.

Hal ini bukan karena perempuan itu dianggap lebih emosioanl atapun lebih lemah dibandingkan laki-laki. Namun fakta medis mengungkapkan bahwa saluran airmata pada laki-laki memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan wanita. Sedangkan pada bayi, durasi normal mereka menangis antara 1-3 jam sehari.

3. Durasi Menangis

Ternyata ketika menangis, sebagian orang menghabiskan waktu rata-rata 6 menit.

4. Menangis Itu Sehat

Jika anda merasa sulit atau malu untuk mengeluarkan air mata, sebaiknya anda harus berfikir ulang. Hal tersebut dikarenakan ternyata menangis tidak hanya respon tubuh terhadap kesedihan atau rasa frustasi, tetapi juga sehat.

5. Menangis Dapat Kurangi Stres Emosional

Stres emosional ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Selain itu, stres juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan kerusakan otak. Menangis adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi hal tersebut. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa air mata itu mengandung hormon prolaktin yang efektif untuk melawan stres.

6. Menangis Dapat Turunkan Tekanan Darah dan Denyut Jantung

Para ahli mengatakan bahwa dengan menangis dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung dan membuat respon yang lebih baik terhadap pengobatan.

Itulah 6 fakta menarik mengenai menangis yang belum banyak diketahui oleh orang.

0 Response to "Enam Fakta Menangis yang Belum Diketahui"

Post a Comment