Pisang, Buah Dari Surga yang Mencerdaskan Otak

Buah-buahan sendiri didefinisikan sebagai makanan yang di dalamnya terkandung banyak vitamin yang luar biasa bagusnya untuk kesehatan. Di antara banyaknya pilihan buah-buahan, salah satu buah yang sangat banyak kandungan gizinya adalah pisang.

Jika dibandingkan dengan apel, pisang memiliki empat kali lipat protein, dua kali lipat karbohidrat, tiga kali lipat posfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi juga dua kali lipat mineral lainnya. Tahukah anda bahwa pisang adalah salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an yang juga merupakan salah satu buah-buahan Surga? Lalu, apa saja khasiat dari buah pisang ini? berikut ini adalah ulasannya.


Dalam sebuah penelitian telah didapatkan bahwa pisang ini adalah buah yang kaya dengan vitamin B6, terdiri dari 75% air, 1,3% protein, dan hanya mengandung 0,6% lemak. Diketahui juga bahwa setiap buah pisang mengandung karbohidrat dan potasium dalam jumlah yang mencukupi.

Dari kandungan pisang tersebut menyebabkan semua jenis pisang dikategorikan sebagai makanan yang banyak khasiatnya bagi kesehatan. Pisang juga dianggap penting dalam pengobatan dan mampu menjadi bahan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Beberapa khasiat tersebut adalah mencegah anemia, mencegah gangguan penglihatan, mencegah penyakit jantung dan stroke, mencegah kerusakan gigi, melancarkan saluran pencernaan, dan mengandung banyak gizi untuk ibu hamil. Bukan hanya itu, ternyata pisang juga dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Cerdas merupakan anugerah yang bisa diperoleh secara alami, maupun dengan usaha yang keras. Banyak orang pintar, namun hanya segelintir orang pintar yang juga cerdas. Berusaha keras untuk mencerdaskan otak bukan hanya membaca buku dan pengalaman hidup saja.

Namun, kita juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mampu menunjang kecerdasan otak. Salah satunya adalah pisang. Dibanyak negara maju, pisang kerap kali menjadi bekal makanan anak-anak ke sekolah.

Mereka juga memiliki resep pisang tersendiri dengan memasukkan potongan buah pisang ke dalam sereal dan susu saat sarapan. Pisang menyediakan cukup energi bagi anak-anak untuk siap mengikuti pelajaran di sekolah.

Sebuah penelitian tentang buah pisang dilakukan terhadap 200 pelajar di sekolah di Inggris. Kepada mereka diberikan makanan tambahan berupa buah pisang yaitu saat sarapan, istirahat dan makan siang. Penelitian tersebut dilakukan menjelang ujian, hasilnya dengan mengkonsumsi buah pisang tersebut membantu proses belajar mereka. Kalium yang terdapat pada pisang inilah yang berperan meningkatkan konsentrasi belajar anak. Selain itu kandungan vitamin D pada pisang yang cukup tinggi juga mampu mempertahankan aktivitas kerja sistem saraf.

Hal inilah yang mendorong pelajar bisa berkonsentrasi lebih lama. Dalam satu pisang memang terkandung banyak zat gizi, kandungan vitamin dan mineralnya lebih unggul dibandingkan buah dan sayuran lain. Terutama untuk vitamin B6, vitamin C, kalium, serat dan mangan. Kandungan itulah yang membuat pisang dapat meningkatkan daya konsentrasi dan kecerdasan pada otak. Dengan manfaat yang sangat banyak tak heran bila pisang menjadi salah satu buah yang istimewa. Bukan hanya karena khasiatnya,namun juga karena buah disebutkan dalam Al-Quran dan buah pisang ini disebutkan dalam deretan buah-buah  di Surga.

Seperti yang kita tahu, di Surga Allah SWT menjanjikan kenikmatan yang tidak ada duanya. Salah satu yang diberikan untuk penghuni Surga adalah buah-buahan. Ya, salah satu buah-buahan tersebut adalah pisang. Buah ini termasuk makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Bukan Hanya rasanya yang enak, namun juga kaya manfaat sebagai penyembuh berbagai penyakit. Para saudagar islam menyebarluaskan pertumbuhan tanaman ini hingga ke Afrika Barat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Akhirnya tanaman pisang ini pun menyebarluas ke berbagai penjuru dunia. Begitu istimewanya buah pisang ini sehingga disejajarkan dengan buah Surga lainnya yaitu kurma, delima, zaitun dan anggur. Allah SWT berfirman yang artinya:

“ Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah” (QS. Al-Waaqi’ah: 27-31)

Ayat tersebut adalah sebagai tanda bukti bahwa pisang adalah salah satu buah yang teristimewa. Dalam ayat tersebut  Allah SWT menceritakan tentang para penghuni Surga dan kenikamatan yang ada di dalamnya dengan menggunakan perantara buah-buahan dan salah satunya yaitu pisang. Begitu teristimewanya buah pisang ini dengan segala khasiatnya untuk kesehatan yang salah satunya dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia.

Jauh sebelum adanya penelitian tentang buah pisang, dalam Al-Quran telah menginformasikan kepada kita keistimewaan buah tersebut. Tak dapat dipungkiri segala yang disebutkan kebaikannya oleh Allah SWT dalam Al-Quran adalah suatu yang teristimewa. Dengan disebutkannya buah pisang sebagai buah di Surga, maka dari itu kita patut berharap dapat bertemu buah tersebut di Surga kelak.

 Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita dan dapat kita jadikan panduan untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat

1 Response to "Pisang, Buah Dari Surga yang Mencerdaskan Otak"

  1. Pisang walaupun murah tapi banyak khasiat... Apalagi kalau ditambah dengan vitamin anak Tara Kid

    ReplyDelete