Jangan Buang Kulit Buah Ini, Berikut 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah memiliki manfaat yang beragam. Kebanyakan orang mengkonsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat secara alami. Namun, ketika memakan buah-buahan segar sering kali kita membuang kulitnya karena merasa sudah tidak terpakai.

Tetapi ternyata kulit buah tertentu ada yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu khasiat kulit buah yang sudah terkenal yaitu kulit buah manggis yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Berikut ini beberapa kulit buah yang dapat dikonsumsi karena memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan.


1. Kulit Apel

Buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Namun, tenyata apel akan lebih banyak manfaatnya apabila dikonsumsi bersama kulitnya. Hal tersebut disebabkan karena kulit buah apel kaya akan kalsium, Vitamin A, antioksidan, serta mengandung zat pelawan kanker phytochemicals. Selain itu, kulit apel juga mempunyai kandungan serat yang berguna bagi pencernaan.

Beberapa ilmuwan Univeersity of Oiwa mengkalin bahwa zat alami yang terdapat dalam kulit apel dapat menambah pembakaran kalori serta menurunkan resiko obesitas. Untuk itu, mulai saat ini konsumsilah apel segar bersama kulitnya agar mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan.

2. Kulit Lemon

Kulit lemon memang mempunyai rasa yang sedikit pahit, namun ternyata memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Kulit lemon dapat membantu proses pencernaan, mengurangi kram, melancarkan sirkulasi darah, serta dapat menguatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, kulit lemon juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit. Itu disebabkan karena adanya kandungan bioflavonoid yang juga bermanfaat untuk detoksifikasi racun tubuh. Bukan hanya itu saja, kulit lemon juga mengandung kalsium dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan.

3. Kulit Jeruk 

Kulit jeruk juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dalam kulit jeruk terdapat kandungan phytonutrien dan flavonoid. Selain itu, kulit jeruk juga bisa digunakan sebagai penyedap dalam makanan atau kue. Kulit jeruk juga bisa bermanfaat untuk pencernaan serta menurunkan kolesterol.

4. Kulit Kiwi

Buah kiwi dan kulitnya kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan kalori. Kulit buah kiwi bermanfaat untuk kesehatan karena mampu mengencerkan darah. Untuk itu, mulai sekarang konsumsilah kulit kiwi dengan membersihkan bulu halusnya.

Menurut Presiden Food and Health Forum dari Royal Society of Medicine, Dr Marilyn Glenville kulit kiwi juga mengandung zat anti kanker, anti alergi hingga anti peradangan.

Kandungan antioksidan pada kulit kiwi ini bahkan tiga kali lebih banyak daripada antioksidan yang terdapat dalam dagingnya. Kulit kiwi juga bermanfaat untuk melawan Staphylococcus dan E-coli, bakteri penyebab keracunan makanan.

5. Kulit Semangka

Kulit semangka sering sekali dibuang setelah buahnya dikonsumsi. Namun, ternyata kulit buah semangka yang berwarna putih di bawah lapisan merah memiliki manfaat yang baik kesehatan. Meskipun rasanya tidak manis, namun mempunyai banyak kandungan Vitamin C, betacaroten, Vitamin A, thiamin, lycopene, kalsium, zinc, juga zat besi.

Beberapa ilmuan dari Amerika Serikat (USA) yaitu Agnes M. Rimandoa dan Penelope M. Perkins-Veazie pada tahun 2005 telah menelaah kandungan yang terdapat dalam kulit semangka. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa kulit semangka itu kaya akan sitrulin. Sitrulin adalah asam amino.

6. Kulit Manggis 

Khasiat dari kulit buah manggis mungkin sudah banyak diketahui. Manfaat dari buah manggis antara lain untuk mengobati diare, anti mikroba, obat sariawan, dan yang kanker.

Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis itu sangat kaya akan anti-oksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Dalam kulit buah Manggis juga mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein 0,71%, dan juga karbohidrat sebanyak 35,61%.

Itulah jenis kulit buah yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, konsumsilah jenis buah ini bersama kulitnya agar mendapatkan manfaat yang berlipat ganda.

1 Response to "Jangan Buang Kulit Buah Ini, Berikut 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan"

  1. sangat menarik nih, gak nyangka kalo kuli-kulit buah diatas memiliki kandungan yang tak kalah dari buahnya...

    ReplyDelete