Awas, Jamur-Jamur Ini Berbahaya Karena Mengandung Racun

Jamur adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan bersifat heterorof. Tumbuhan ini biasanya diolah dengan cara digoreng, tumis, dijadikan sate ataupun panganan lezat menggugah selera lainnya. Jamur ini hidup dengan cara alami, biasanya mereka bersimbosis dengan tumbuhan lainnya.

Akan tetapi, belakangan ini jamur sudah mulai dibudidayakan karena kebutuhan masyarakat untuk konsumsi. Hal tersebut membuat jamur lebih banyak hidup di media tertentu. Jamur sebenarnya terdiri dari berbagai jenis, bentuk, warna, aroma dan kandungan kimiawi yang berbeda-beda.


Hal tersebut yang membuat tidak semua jenis jamur yang bisa dimakan. Ada beberapa jenis jamur yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung racun. Berikut ini adalah jenis jamur yang mampu membunuh orang yang memakannya.


1. Jamur Conocybe

Jamur Conocybe atau juga sering disebut dengan nama Pholitina filaris adalah jenis jamur yang beracun. Jamur jenis ini tersebar luas di Amerika dan tumbuh di rerumputan. Jamur ini mempunyai warna yang cokelat dan bentuknya seperti jamur pada umumnya. Biasanya ada yang berbentuk seperti ikay pinggang yang menghiasi batang jamur. Seringkali orang salah mengenali jamur ini sebagai Psilocybe karna bentuknya yang hampir serupa. Jamur jenis ini sangat berbahaya apabila dikonsumsi. Itu disebabkan karena Conocybe mengandung racun yang dapat membunuh orang yang mengkonsumsinya dalam olahan apapun.

2. Jamur Topi

Jamur yang satu ini memiliki bentuk yang sangat cantik mirip dengan topi, terkadang tumbuh tunggal ataupun berkelompok.  Jamur ini biasanya tumbug di benua Eropa dan Asia. Orang seringkali salah mengira ia adalah jamur merang. Padahal sebenarnya, jamur ini mengandung racun yang sangat berbahaya. Meski diolah dengan cara apapun, racun dalam jamur ini tidak berkurang. Apabila ada yang salah memetik jamur ini lalu memasaknya, maka akan banyak korban yang akan mati karena mengonsumsinya.

3. Jamur Galerina

Jamur yang berasal dari family Saprobic ini mempunya bentuk yang cantik. Selain itu ukuran dari jamur ini sama seperti jamur pada umumnya. Namun, sebenarnya jamur ini mempunyai racun yang dapat mengancam nyama yang mengonsumsinya. Jika sudah terlanjur mengonsumsi jamur ini, maka seketika racunnya yang bernama a-amanitin akan merusak liver, ginjal serta syaraf pusat yang berada di otak. Pada akhirnya, akan muncul kematian mendadak dan nyaris tidak diketahui penyebabnya.

4. Jamur Morel

Jamur morel ini juga sering disebut dengan jamur sponge. Hal tersebut dikarenakan bentuknya seperti sponge atau koral laut. Jamur yang berasal dari keluarga Gyromitra ini memiliki warna cokelat pekat dan biasanya tumbuh di batang kayu yang sudah lapuk atau sangat lembab. Akan tetapi, ternyata jamur ini mempunyai kandungan MMH atau Mono Methyl Hydrazine. Kandungan tersebut dapat menyebabkan rasa mual, pusing, serta diare. Selain itu, dicurigai jamur ini juga mengandung zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Dalam beberapa kasus yang tidak bisa tertolong, mereka yang sudah mengonsumsi jamur ini bisa menyebabkan meninggal dunia.

5. Jamur Destroying Angel

Jamur beracun yang terakhir adalah Destroying angel. Jamur ini mempunyai warna yang sangat putih, bersih serta mempesona. Hal tersebutlah yang menyebabkan disebut sebagai jamur malaikat. Akan tetapi, setelah diketahui bahwa jamur ini beracun maka orang kemudia menyebutnya sebagai Destroying angel. Jamur ini tumbuh hampir di seluruh dunia, dengan kandungan racun yang disebut amatoxins. Apabila sudah terlanjur mengonsumsi jamur ini, maka liver dan ginjal akan mengalami kerusakan dalam waktu singkat. Beberapa jam kemudia, orang tersebut akan meninggal dunia.

Itulah jenis jamur yang dapat mematikan karena kandungan racunnya. Meskipun jamur tersebut terlihat cantik dan lezat, namun berhati-hatilah. Bisa jadi, setelah mengonsumsinya akan menyebabkan anda merenggang nyawa.

0 Response to "Awas, Jamur-Jamur Ini Berbahaya Karena Mengandung Racun"

Post a Comment