7 Makanan yang Bermanfaat Untuk Kecerdasan Otak

Otak adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia karena menjadi pusat dari segala aktivitas yang dilakukan. Namun, fungsi otak manusia akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, banyak sekali yang akan mengahmbat optimalisasi kinerja dari otak manusia, salah satunya adalah radikal bebas.

Pada akhirnya, akan menyebabkan keruskaan otak, tekanan darah, gangguan saraf, hingga gangguan mental seperti Alzheimer.Untuk itu, kita harus menjaga kinerja otak kita. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik bagi otak. Berikut ini adalah 7 makanan yang dapat mencerdaskan otak manusia yang bisa dikonsumsi agar membantu menjaga fungsi otak.

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang kaya akan anti oksidan. Selain itu, sayuran yang satu ini juga dapat memperlambat penuan otak dan sistem saraf manusia. Bayam juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi kognitif otak seperti tingkat konsentrasi, memecahkan masalah, kemampuan mengambil keputusan, juga penalaran akan tetap terjaga. Untuk itu, konsumsilah sayuran bayam dan pastikan selalu ada dalam menu makanan anda.

2. Sayuran Hijau Gelap

Jenis sayuran yang berwarna hijau gelap dapat mencegah penyakit Alzaheimer, demensia, dan pecahnya pembuluh darah arteri yang disebabkan oleh homocysteines. Homocysteines merupakan bahan kimia yang apabila berkadar tinggi dapat menyebabkan penyakit tersebut. Sayuran hijau gelap dapat mencegah itu semua, karena mengandung vitamin B, Folat dan B6.

3. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Selain sayuran berwarna hijau gelap, ternyata biji-bijian dan kacang-kacangan juga dapat berperan untuk melawan homocysteines. Hal tersebut dikarenakan di dalam biji-bijian terkadung B6 dan magnesium yang dapat meningkatkan kognisi otak. Sedangkan di dalam kacang-kacangan seperti almond dan kenari kaya akan kandungan Omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan pikiran, juga antioksidan untuk menurunkan kolesterol.

4. Kakao

Ternyata dengan mengkonsumsi kakao berdampak baik bagi kesehatan sistem kerja otak manusia. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk mencegah otak dari stress oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit parkinson, Alzaheimer, gagal jantung dan juga sindrom kelelahan kronis.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain untuk melawan infeksi, dan mencegah  kepikunan ternyata juga bisa meminimalisir penuaan otak dan juga meningkatkan sistem kardio vascular. Hal tersebut disebabkan karena bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi.

6. Teh

Teh merupakan minuman yang sering dikonsumsi ketika sarapan pagi ataupun di waktu santai. Ternyata mengkonsumsi teh dapat menyebabkan meningkatnya metabolisme tubuh. Selain itu, teh juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak. Hal tersebut disebabkan karena kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

7. Jus Delima

Buah pome atau yang biasa disebut dengan delima mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, termasuk otak. Buah delima dipercaya dapat membuat daya pikir tetap aktif. Selain itu, buah delima mengandung banyak antioksidan yang ampuh dalam melawan radikal bebas.

Itulah 7 makanan yang bermanfaat untuk kecerdasan otak. Untuk itu, konsumsilah makanan ini agar kecerdasaan otak anda tetap terjaga.

0 Response to "7 Makanan yang Bermanfaat Untuk Kecerdasan Otak"

Post a Comment