5 Keajaiban Mata yang Menakjubkan

Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital. Hal tersebut dikarenaka mata adalah satu panca indera manusia yang berfungsi dalam hal penglihatan. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat benda-benda dan keindahan dunia ini.

Namun, ternyata mata tidak hanya berfungsi sebagai indera penglihatan saja. Melainkan ada fungsi lainnya yang tak kalah menakjubkan. Fungsi tersebut bahkan belum diketahui oleh banyak orang. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 5 kejaiban mata yang menakjubkan.


1. Mempunyai Kekuatan Penyembuh

Kejaiban pertama yang dimiliki oleh mata adalah ternyata mata mempunyai kekuatan penyembuh. Hal ini terbukti dengan mata dapat pulih dengan sendirinya dalam waktu 48 jam setelah mengalami iritasi tertentu. Selain itu, mata juga juga mempunyai lapisan pelindung di bagian iris dan pupilnya.

Namun kemampuan ini tidak berlaku apabila mata terkena abrasi yang mendalam, yang dapat menyebabkan infeksi kornea, erosi, atau jaringan urat. Jadi, pada dasarnya mata biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu singkat tanpa banyak bantuan dari luar seperti penggunaan obat tetes mata.

2. Otot Paling Aktif

Apabila jantung dikenal sebagai organ yang mempunyai otot terkuat dalam tubuh. Maka, mata menyandang predikat sebagai otot teraktif. Hal itu terbukti dengan otot-otot luar mata yang terus bergerak ketika anda melihat sekeliling atau berfokus pada benda dalam jarak tertentu. Terlebih lagi apabila kepala bergerak, maka mata akan selalu reposisi.

Selain itu, otot mata akan melakukan hampir 10.000 gerakan koordinasi apabila membaca buku selama satu jam. Oleh sebab itu, saat sedang aktif menggunakan mata, misalnya ketika membaca atau bekerja di depan komputer, kita dianjurkan untuk sesekali merilekskan mata.

3. Berlensa Lebih Cepat dari Kamera


Mirip seperti lensa pada kamera, ternyata juga harus menyesuaikan untuk fokus sesuai jarak anda. Mata ternyata mempunyai lensa yang lebih cepat dibandingkan dengan lensa kamera. Hal itu dibuktikand dengan  penyesuaian yang terjadi hanya dalam sepersekian detik. Sementara lensa kamera cenderung fokus dalam waktu yang lebih lama. Mata juga mempunyai rentang dinamis yang lebar, sehingga mampu menyesuaikan diri dengan cahaya melalui buka-tutup pupil.

4. Rahasia di Balik Kedipan Mata

Keajaiban selanjutnya dari mata yaitu rahasia kedipan. Ternyata manusia bisa berkedim hingga 15.000 kali setiap harinya. Kelopak mata sangat cepat, ia mampu berkedip dalam satu-sepertiga detik. Ternyata berkedip juga mempunyai fungsi yaitu untuk membersihkan permukaan mata dari partikel-partikel kecil debu atau kotoran yang masuk. Jadi, berkedip merupakan cara membersihkan yang sangat cepat dan efisien.

Tenyata bukan hanya itu saja, menurut studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences bahwa kita tidak berkedip secara acak. Melainkan berkedip nampaknya terjadi pada saat-saat yang bisa diprediksi diatur oleh otak. Misalnya saja ketika diakhir kalimat saat kita membaca atau selama jeda dalam sebuah pidato.

5. Saling bekerja sama

Keajaiban terakhir yang menakjubkan dari mata yaitu kedua bola mata tersebut saling bekerja sama. Apabila salah satu bagian mata mengalami gangguan penglihatan, mala mata yang satunya lagi otomatis akan ‘bekerja’ lebih keras lagi untuk membuat penglihatan agar tetap baik.

Secara singkat, setiap mata mempunyai kemampuan lebih untuk mem-back up bagian mata lainnya. Hal inilah yang membuat kedua mata menjadi efisien. Bahkan jika salah satu mata mengalami gangguan seperti glukoma, maka bagian lainnya akan bekerja keras untuk menembusnya.

Itulah, 5 kejaiban mata yang menakjubkan. Untuk itu, jagalah kesehatan mata kita dengan pola makan dan hidup yang baik agar fungsi mata itu dapat kita rasakan untuk bisa melihat indahnya dunia ini.

0 Response to "5 Keajaiban Mata yang Menakjubkan"

Post a Comment