5 Alasan Anjing Suka Menjilat Manusia

Mempunyai binatang peliharaan di rumah pastilah menyenangkan. Salah satu binatang yang serig dijadikan peliharaan adalah anjing. Hewan ini selain dijadikan sebagai peliharaan biasanya juga digunakan sebagai penjaga rumah. Anjing adalah binatang yang suka menyambut majikannya dengan jilatan.

Biasanya ketika  ita pulang dari kegiatan rutinitas di luar rumah, binatang ini langsung menghampiri dan menjilat-jilat anda. Awalnya mungkin tidak merasa risih, namun terkadang tanpa disadari wajah dan bagian tubuh kita yang lain sudah penuh dengan air liur anjing peliharaan ini.


Lalu apa yang menjadi alasan melakukan hal ini? apa penyebab anjing suka menjilat? Berikut ini adalah 5 alasan anjing suka menjilat manusia.

1. Bentuk Kasih Sayang
Alasan pertama anjing suka menjilat manusia adalah sebagai bentuk ungkapan kasih sayang. Menjilat dengan alasan kasih sayang kepada pemilik adalah untuk melepaskan hormon-hormon yang dapat menenangkan serta memberi kenyamanan pada si anjing itu sendiri. Namun, terkang hal ini dirasa berlebihan oleh manusia.

2. Membersihkan Diri
Seperti seekor kucing, anjing juga senang sekali membersihkan diri dengan cara menjilati tubuhnya sendiri ataupun manusia. Namun, apabila hal tersebut terlalu sering menjilat, maka itu pertanda bagi pemilik anjing tersebut untuk memandikannya.

3. Anjing Suka Rasa Asin Pada Kulit Manusia
Anjing suka sekali menjilati mangkuk bekas makanan, lantai bekas makanan jatuh, atau tempat yang kita gunakan memasak. Maka dari itu, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada partikel kecil makanan yang menempel pada kita yang dapat mereka jilat. Selain itu, tenyata anjing juga suka rasa asin pada kulit manusia.

4. Untuk Menghilangkan Kecemasan
Ternyata bukan hanya manusia yang bisa merasakan stress. Anjing juga bisa merasakan stress. Nah, dengan menjilat adalah salah satu cara untuk mengurangi tingkat stress mereka. Ketika anjing merasa takut atau cemas maka mereka biasanya terus menjilati diri mereka sendiri tanpa henti. Akan tetapi jika tingkat menjilatnya sudah berlebihan malah akan menambah ketakutan dan kecemasan itu sendiri.

5. Untuk Berkomunikasi
Anjing menjilat anjing lain untuk memberi tahu bahwa “saya lapar”, “saya tunduk padamu”, atau juga bisa “ mari kita berteman”. Jadi dapat disimpulkan bahwa jilatan itu merupakan cara anjing berkomunikasi dengan anjing lainnya. Tidak hanya dengan sesama anjing saja, namun ternyata juga dnegan manusia mereka memberika komunikasi yang sama. Tanda-tanda mereka ingin sesuatu dapat diketahui melalui intensitas mereka menjilat. Apabila terlalu intens biasanya itu pertanda bahwa mereka lapar atau ingin menyapa.

Itulah lima alasan anjing suka menjilat manusia. Jika anda adalah orang yang suka dengan jilatan ini hal tersebut tidak masalah. Namun, untuk anda yang ingin anjing peliharaan berhenti menjilat, cara paling jitu yang bisa dilakukan adalah dengan mengabaikan anjing tersebut ketika menjilat anda.

0 Response to "5 Alasan Anjing Suka Menjilat Manusia"

Post a Comment