10 Hal Yang Dilakukan Siswa Dalam Menghadapi UN

Ujian Nasional memang menjadi momok bagi para siswa, guru bahkan orangtua. Karena adanya ketakutan bahwa perjuangan selama tiga tahun di sekolah akan sia-sia apabila tidak lulus UN. Banyak fakta yang terkait dengan UN, salah satunya adalah hasil UN itu merupakan hidup/mati dari siswa. Tak jarang ada siswa yang nekad untuk bunuh diri karena tidak lulus UN.

Berlatarbelakang itulah, tak jarang banyak siswa melakukan berbagai cara untuk agar dapat lulus UN bagaimanapun caranya. Ada usaha yang biasa-biasa saja, namun ada juga yang tergolong unik dan lucu. Di bawah ini ada beberapa contoh hal-hal yang dilakukan oleh siswa dalam menghadapi ujian.

1. Berdoa dan Shalat Tahajud Bersama
Berdoa dan shalat tahajud bersama biasanya dilakukan oleh pihak sekolah ketika siswa didikannya akan mengikuti UN. Itu merupakan “ritual” yang wajib untuk diikuti oleh semua siswa sebelum hari unian tiba. Selain para siswa, pihak sekolah juga mengundang orangtua/wali murid untuk menghadari acara tersebut. Selain berdoa dan sholat bersama, biasanya acara tersebut dilanjutkan dengan saling memaafkan satu sama lain. Hal ini dipercaya dapat memudahkan siswa untuk menghadapi ujian.

2. Update Status
Hal yang tidak boleh ketinggalan dilakukan oleh siswa sebelum menghadapi ujian nasional yaitu update status di media sosial. Status tersebut biasanya berisi ketegangan mereka sebelum ujian dan doa-doa agar ujiannya dilancarkan. Bukan hanya itu, terkadang mereka meng-update status tentang kekesalan kepada pengawas ujian.

3. Menulis Kalimat Basmallah
Ada fakta unik lainnnya yang biasanya dilakukan oleh siswa pada malam hari sebelum Ujian Nasional. Yaitu menuliskan kalimat Bismillah sebanyak 99 kali pada selembar kertas dengan menahan napas setiap menulis kalimat tersebut sebanyak 3 kali.

4. Membeli Pensil Ajaib
Biasanya sebelum menjelang UN, banyak sekali oknum-oknum penjual yang berkedok menjual  produk yang bisa membuat lulus UN. Salah satu produknya ini  adalah pensil yang katanya memiliki kekuatan ajaib. Biasanya, ada saja siswa yang percaya akan hal demikian dan tergiur untuk membelinya. Pensil ajaib ini dipercaya akan menuntun untu memilih jawaban yang benar. Hal tersebut disebabkan, katanya pensil itu sudah didoakan dan memiliki khasiat yang mujarab sehingga harganya pun bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

5. Mencari Wangsit di Tempat Keramat
Untuk para siswa yang biasanya mempunyai keimanan yang kurang, serta kurang percaya akan kemampuan dirinya akan mendatangi orang pintar. Tujuannnya adalah untuk meminta bantuan agar dimudahkan dalam menjawab soal UN. Tidak sampai disitu, terkadang orang pintar tersebut menyuruh si siswa untuk mendatangi tempat keramat demi mencari wangsit atau benda klenik lainnya. Tentu saja hal ini tidak patut ditiru, karena ini merupakan salah satu perbuatan syirik.

6. Mengelola Kelas
Ini merupakan salah satu fakta unik yang dilakukan ketika menjelang UN. Ada suatu sekolah yang siswannya menata bangku serta meja sedemikian rumah. Tujuannya adalah agar para pengawas ujian berada jauh dari para siswa. Mereka menata kursi rapat ke belakang, sehingga membuat jarak yang cukup jauh antara siswa dan pengawas ujian.

7. Mengalihkan Perhatian Pengawas
Tidak hanya Ujian Nasional nya saja yang menjadi momok. Namun ternyata pengawas ujian juga menjadi momok bagi para siswa. Banyak cara yang dilakukan siswa untuk mengalihkan perhatian para pengawas. Salah satunya adalah meletakkan tabloid atau koran di depan meja pengawas, dengan harapan si pengawas akan terfokus untuk membaca berita. Sungguh cara yang cukup pintar.

8. Menyimpan Hape di Tempat yang Paling Aman
Ketika Ujian Nasional, biasanya siswa dilarang untuk membawa barang elektronik seperti HP. Agar tidak terjadi kecurangan, maka diaadakanlah pemeriksaan sebelum memasuki kelas ujian. Namun, ternyata siwsa-siwa ini tidak kehilangan akal. Mereka menyimpan HP di tempat yang aman agar tidak tertangkap oleh pengawas. Biasanya, mereka memasukkan HP tersebut di dalam sepatu, kaos kaki, bahkan ada siswi yang memasukkannya ke dalam bra. Selain itu, ada siswa yang membawa 2 buah Hp, alasanya apabila satu ditangkap maka masih ada simpanan HP lainnya.

9. Membeli Jawaban
Membeli kunci jawaban menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh siswa ketika hendak menjalani ujian. Mereka membeli kunci jawaban tersebut yang tak tahu entah dari mana sumbernya dan tentu saja belum tentu terbukti kebenarannya. Namun, meskipun demikian masih saja banyak siswa yang membeli kunci jawaban.

10. Mepraktekan Tips Tidak Jelas
Sebelum ujian nasional, biasanya banyak siswa yang mencari tips-tips untuk menghadapi ujian. Terkadang tips tersebut cendrung mempraktekkan tips-tips tidak jelas tersebut.

Itulah 10 hal yang dilakukan siswa dalam menghadapi UN. Namun seharusnya, untuk menghadapi UN yang kita harus lakukan adalah belajar jauh-jauh hari sebelum UN itu dilaksanakan dan berusaha dengan sungguh-sungguh dalam menjawab soal.

0 Response to "10 Hal Yang Dilakukan Siswa Dalam Menghadapi UN"

Post a Comment