Manfaat Internet untuk Tingkatkan Daya Ingat

Dimensia atau kepikunan dapat menyerang siapa saja, baik itu orangtua ataupun para remaja. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kepikunan, yang paling sering terjadi adalah karena faktor usia. Akan tetapi, kita tidak usah begitu khawatir terserang penyakit ini.

Hal tersebut disebabkan karena adanya hasil penelitian yang dilakukan di University of California Los Angels, Amerika Serikat yang menemukan cara untuk mencegah kepikunan. Lantas bagaimanakah caranya tersebut? Berikut informasi selengkapnya.


Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kepikunan ini adalah dengan menggunakan internet. Penggunaan internet bukan lagi hanya berfungsi sebagai jalur komunikasi dan informasi bagi seluruh dunia. Namun, penggunaan internet juga dapat mencegah kepikunan bagi Manusia Usia Lanjut (Manula). Searching di Web bermanfaat untuk menstimulasi pusat-pusat otak yang mengontrol pengambilan keputusan dan pemikiran yang kompleks.

Selain itu, penggunaan internet juga dapat memperbaiki dan melatih fungsi otak. Hal tersebut disebabkan karena adanya keterlibatan daya ingat dan juga daya visual yang saling bekerja sama seperti halnya membaca. Dua hal tersebut dapat menambah aktivitas otak untuk mengendalikan keputusan dan pertimbangan di dalam program internet.

Penelitan tersebut melibatkan relawan yang berjumlah 24 orang dengan usia di antara 55 dan 76 tahun. Setengah dari relawan tersebut adalah pengguna internet dan sisanya buka pengguna internet. Setiap relawan diberikan perlakuan yang sama yaitu scan otak ketika mereka melakukan kegiatan pencarian web dan tugas membaca buku.

Dari kedua jenis tugas tersebut menghasilkan bukti-bukti aktivitas yang signifikan dari otak dalam mengontrol bahasa, membaca, ingatan dan kemampuan visual. Namun, searching web menghasilkan kegiatan tambahan yang signifikan pada bagian terpisah dari ota yang mengontrol pengambilan keputusan dan pemikiran kompleks.

Penggunaan internet membuat kita harus mengambil keputusan tentang apa yang harus diklik demi mendapatkan informasi yang relevan. Akan tetapi, untuk pendatang baru ke web belum mempunyai strategi yang diperlukan untuk sukses dalam melakukan pencarian di web atau internet.

Penggunaan internet dapat mengurangi resiko kepikunan dapat terjadi karena penggunaan web atau internet dapat meningkatkan logika dan daya pikir. Otak kita akan bekerja secara lebih aktif ketika kita browsing di internet. Dengan berinternet selain dapat mencegah kepikunan juga dapat memperbaiki fungsi otak dan tentu saja menambah ilmu pengetahuan.

Jadi, bagi anda yang mempunyai permasalahan dengan daya ingat, sering-sering berselancar di dunia maya atau browsing di internet. Karena dengan melakukan kegiatan tersebut akan mencegah penuaan pada otak seperti pengurangan atau penciutan sel otak yang pada akhirnya akan membuat daya ingat anda semakin bagus.

0 Response to "Manfaat Internet untuk Tingkatkan Daya Ingat"

Post a Comment