Makanan Ini Lebih Baik Dimakan Mentah

Ada beberapa makanan yang lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Hal tersebut disebabkan karena jenis makanan ini banyak manfaatnya justru ketika dimakan dalam kondisi mentah. Namun, tidak semua jenis makanan dapat dimakan dalam keadaan mentah.

Makanan yang masih mentah memiliki banyak manfaat seperti untuk meningkatkan energi tubuh, membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan, serta dapat mengurangi resiko makan berlebih. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang lebih baik apabila dikonsumsi dalam kondisi mentah.


1. Kecambah atau Tauge

Kecambah atau tauge lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah karena makanan yang satu ini masih dalam proses untuk tumbuh, jadi enzim makanannya masih aktif. Sehingga apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah akan lebih baik.

Selain itu, mengkonsumsi kecambah dalam keadaan mentah akan meningkatkan nilai gizinya yang dibarengi dengan munculnya vitamin serta mineral baru. Kandungan dalam kecambah ini antara lain klorofil serta phytronutient yang berfungsi untuk antioksidan dalam tubuh.

2. Kelapa

Mengkonsumsi kelapa lebih baik dalam keadaan mentah. Kelapa memiliki kandungan berupa lemak sehat yang berfungsi untuk mengurangi level kolesterol dalam tubuh. Selain itu, lemak sehat ini juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan jantung. Kelapa juga mempunyai kandungan anti bakteri. Air kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang mampu membantu kebutuhan asupan air dalam tubuh kita.

3. Rumput Laut

Jenis rumput laut seperti kelapa, nori, wakame, dan arame mempunyai kandungan nutrisi 10 sampai 12 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan rumput atau tanaman yang ada di darat.

Selain itu, rumput laut juga dipercaya sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung klorofil terbanyak. Tidak hanya klorofil, rumput laut juga mempunyai kandungan besi, kalsium, dan yodium yang baik untuk tubuh.

Rumput laut juga sering digunakan untuk mengobatan oleh masyarakat timur. Hal tersebut dikarenakan makanan yang satu ini dipercaya mampu mengingkatan fungsi dari hati dan tiroid.

4. Buah Blueberry

Makanan terakhir yang lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah adalah buah blueberry. Buah yang satu ini mempunyai kandungan antioksidan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Buah blueberry juga diyakini sebagai buah yang sangat baik untuk otak dan juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

5. Sayuran Fermentasi

Sayuran fermentasi lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah karena jenis makanan yang satu ini akan lebih mudah dicerna oleh tubuh kita. Sayuran fermentasi ini menjadi sumber dari berbagai macam enzim probiotik yang berfungsi untuk meningkatkan sistem pencernaan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan serta dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Itulah jenis makanan yang lebih baik dikonsumsi dalam keadaan yang masih mentah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan tetaplah menjadi individu yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat juga.

0 Response to "Makanan Ini Lebih Baik Dimakan Mentah"

Post a Comment